BAB III
MASALAH DAN ALTERNATIF PEMECAHAN
A. Masalah
Masalah adalah suatu keadaan atau kondisi yang kurang baik yang timbul dan harus dicari jalan keluarnya untuk diperbaiki.
Selama melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan yang mencangkup 8 ( delapan ) bidang administrasi yaitu administrasi kurikulum / pembelajaran, administrasi sekolah , administrasi guru dan tata, administrasi usaha, administrasi sarana dan prasarana, administrasi keuangan, administrasi pengelolaan laboratorium , administrasi hubungan masyarakat , administrasi bimbingan dan penyuluhan di SMP Negeri 5 Palembang ini tidak menemukan masalah yang sangat kompleks. Namun, penulis merasa bertanggung jawab untuk memperbaiki setiap permasalahan yang ditemukan. Permasalahan yang ditemukan bukanlah suatu kekurangan yang menjadikan image sekolah menjadi kurang baik, akan tetapi merupakan suatu upaya dalam perbaikan dan pengembangan kearah yang positif. Penulis percaya bahwa upaya perbaikan merupakan langkah yang tepat.. Adapun masalah- masalah yang penulis temukan ialah sebagai berikut :
Adapun masalah-masalah yang penulis temukan yaitu sebagai berikut
- Administrasi Kurikulum / Pembelajaran .
a. Kurangnya kesiapan guru mata pelajaran dalam penyusunan silabus dan RPP.
b. Kurangnya perhatian yang lebih dalam pengisian buku kemajuan kelas.
- Administrasi Sekolah..
a. Terdapat beberapa ruang yang belum dipergunakan secara maksimal.
- Administrasi Sarana dan Prasarana
a. Pelabelan nama tiap ruangan yang belum diperbarui. Hal ini dikarenakan perubahan penggunaan ruangan.
- Administrasi Bimbingan dan Penyuluhan.
a. Kurang berfungsinya administrasi bimbingan dan penyuluhan dalam memecahkan persoalan yang dihadapi siswa.
b. Fasilitas yang belum memadai pada ruangan Bimbingan dan Penyuluhan.
B. Metode Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah adalah cara yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Adapun metode pemecahan masalah yang digunakan penulis dalam penyusunan laporan hasil kegiatan Kuliah Kerja Lapangan adalah sebagai berikut :
1) Metode observasi, yaitu dengan melakukan pengamatan dan menganalisa langsung ke lapangan untuk melihat langsung terhadap hal-hal yang menjadi objek masalah.
2) Metode interview, yaitu dengan mengadakan tanya jawab langsung kepada pihak-pihak yang terkait sesuai dengan permasalahan pada administrasi di SMP Negeri 5 Palembang. Melalui metode ini penulis mampu mengumpulkan informasi yang diperlukan yang dapat membantu dalam menyelesaikan masalah yang ada.
3) Metode tindakan, yaitu mengadakan upaya dalam memperbaiki masalah yang ditemukan. Upaya yang dilakukan dapat berupa aksi nyata , diskusi , pengadaan barang, dan lain-lain.
4) Metode dokumentasi, yaitu metode pelengkap yang digunakan penulis sebagai evaluasi terhadap permasalahan sebelumnya.
C. Jadwal Pelaksanaan
Berdasarkan surat keputusan dekan Universitas PGRI Palembang, pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di SMP Negeri 5 Palembang dilaksanakan selama satu bulan. Yang dimulai dari tanggal 18 Juli 2011 sampai 22 Agustus 2011, dengan jumlah mahasiswa 10 orang yang terdiri dari tiga program studi yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Sendratasik.
D. Alternatif Pemecahan Masalah
Berdasarkan masalah-masalah yang telah dijelaskan di atas, penulis mengungkapkan beberapa alternatif yang dapat dilakukan dalam memecahkan masalah tersebut yaitu sebagai berikut :
- Administrasi Kurikulum / Pembelajaran .
a. Meningkatkan keterampilan setiap guru mata pelajaran dalam pembuatan RPP dan silabus yang baik.
2. Memberikan perhatian yang lebih terhadap pengisian buku kemajuan kelas. Sehingga segala bentuk proses pembelajaran dapat terdata , dan kemudian mempermudah dalam pengevaluasian.
- Administrasi Sekolah..
a. Mengoptimalkan fungsi-fungsi ruang yang belum dipergunakan sesuai dengan denah penggunaan yang telah ditetapkan.
- Administrasi Sarana dan Prasarana
a. Memperbarui label nama tiap-tiap ruangan sesuai dengan penggunaan yang telah ditetapkan.
- Administrasi Bimbingan dan Penyuluhan.
a. Meningkatkan fungsi administrasi bimbingan dan penyuluhan dalam memecahkan persoalan yang dihadapi siswa.
b. Menyediakan Fasilitas yang memadai pada ruangan Bimbingan dan Penyuluhan.
BAB IV
PELAKSANAAN DAN HASIL KEGIATAN
A. Tahap Pelaksanaan Kegiatan.
Tahap pelaksanaan kegiatan merupakan tahap-tahap yang dijalankan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Palembang. Ada 3 (tiga) pokok tahap pelaksanaan kegiatan :
1. Serah terima mahasiswa KKL dari dosen pembimbing kepada Sekolah.
2. Mempelajari, memahami, dan mengerjakan administrasi- admnistrasi yang terdapat di sekolah.
3. Pembuatan laporan yang menjadi tujuan akhir Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
No. | Hari/Tanggal | Kegiatan |
1. | Senin, 18 Juli 2011 | 1. Serah terima mahasiswa KKL di SMP Negeri 5 Palembang. 2. Perkenalan mahasiswa KKL dengan guru-guru dan staf Tata Usaha. |
2. | Selasa, 19 Juli 2011 |
|
3. | Rabu, 20 Juli 2011 |
|
4. | Kamis, 21 Juli 2011 |
|
5. | Jum’at, 22 Juli 2011 |
|
6. | Sabtu, 23 Juli 2011 |
|
7. | Senin, 25 Juli 2011 |
|
8. | Selasa, 26 Juli 2011 |
|
9. | Rabu, 27 Juli 2011 |
|
10 | Kamis, 28 Juli 2011 |
|
11. | Jum’at 29 Juli 2011 |
|
12. | Sabtu, 30 Juli 2011 | Libur Ramadhan |
13. | Senin, 1 Agustus 2011 | Libur Ramadhan |
14. | Selasa, 2 Agustus 2011 | Libur Ramadhan |
15. | Rabu, 3 Agustus 2011 |
|
16. | Kamis, 4 Agustus 2011 |
|
17. | Jum’at, 5 Agustus 2011 |
|
18. | Sabtu, 6 Agustus 2011 | 1. Mendata alat dan barang ruang-ruang sekolah. 2. Mencatat barang-barang inventaris sekolah. |
19. | Senin, 8 Agustus 2011 |
|
20. | Selasa, 9 Agustus 2011 |
|
21. | Rabu, 10 Agustus 2011 |
|
22. | Kamis, 11 Agustus 2011 |
|
23. | Jum’at, 12 Agustus 2011 | 1) Memahami pembagian tugas dan tanggung jawab komite. 2) Mempelajari struktur organisasi komite sekolah. |
24. | Sabtu, 13 Agustus 2011 |
|
25. | Senin, 15 Agustus 2011 | 1. Mengikuti Pesantren Ramadhan |
26 | Selasa, 16 Agustus 2011 |
|
27 | Rabu, 17 Agustus 2011 |
|
28 | Kamis, 18 Agustus 2011 |
|
29 | Jum’at, 19 Agustus 2011 |
|
30 | Sabtu, 20 Agustus 2011 |
|
31 | Senin, 22 Agustus 2011 |
|
B. Hasil
Adapun hasil yang diperoleh setelah melakukan observasi dan wawancara di SMP Negeri 5 Palembang dalam kurun waktu lebih kurang satu bulan adalah penulis dapat mengetahui tentang cara, proses dan segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi sekolah antara lain sebagai berikut :
1) Mahasiswa calon pendidik dapat memahami dan mengerti apa yang dimaksud administrasi sekolah
2) Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami tentang administrasi-administrasi yang dilaksankan di sekolah pada umumnya.
3) Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dapat mengerti dan memahami cara penyusunan administrasi sekolah.
4) Mahasiswa dapat menambah wawasan ilmu kependidikan sebagai bekal yang berharga dikemudian hari.
C. Pembahasan
Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan di atas, maka hasil-hasil yang diperoleh selama melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di SMP Negeri 5 Palembang secara keseluruhan mencangkup 8 ( delapan ) bidang adminstrasi , berikut uraianya :
1) Administrasi Kurikulum Pembelajaran.
1) Mempelajari buku kurikulum.
2) Mempelajari pembuatan kalender pendidikan.
3) Mempelajari pembuatan program tahunan dan program semester.
4) Mempelajari pembuatan silabus dan pembelajaran.
5) Mempelajari pembuatan satuan pembelajaran.
6) Mempelajari pembuatan jadwal pelajaran.
7) Mempelajari pembuatan daftar kemajuan siswa.
8) Mempelajari pembuatan kisi-kisi dari kumpulan soal.
9) Mempelajari daftar nilai atau hasil evaluasi.
10) Mempelajari buku analisis perbaikan dan pengayaan laporan hasil remedial.
2) Administrasi Sekolah..
1) Menganalisis keadaan umum sekolah.
2) Mempelajari sejarah dan profil sekolah.
3) Mengidentifikasi penggunaan bangunan dan ruang sekolah.
4) Memperbarui dan membuat denah sekolah
5) Mempelajari daftar urut kepegawaian.
6) Mempelajari buku induk pegawai.
7) Mempelajari daftar keadaan guru/pegawai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar